CLICK HERE FOR THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES »

Sabtu, 10 Mei 2008

BangkITnya saNG na9a..

Bangkitnya china diawal abad ke 21 tidak hanya ditandai melimpahnya produk impor murah menurunnya sekmen tertentu dalam sektor manufaktur dinegara lain, atau berpindahnya para pekerja ke luar negeri cenderung sama pentingnya.bukan pernyataan yang dillebih-lebihkan jika dinyatakan bahwa bangkitnya china merupakan titik peralihan yang merubah setuasi global sehingga dapat disamakan dengan AS sebagai kekuatan ekonomi,politik dan militer.jika keadaan ini tetap berlanjut dalam dua dekade china akan menyalip AS menjadi pelaku ekonomi dunia terbesar. China akan menjadi penantang kuat, meskipun belum menjadi pemimpin,dalam lini produk yang berubungan dengan teknologi maju dan china akan mulai memainkan peran penting dalam pasar akhir yang bernilai lebih tinggi.mobil buatan china akan menjadi pemandangan umum diAS dan Eropa. Pesawat jet buatan china akan menembus penerbangan komersial, juga misi china ke ruang angkasa akan menjadi salah satu prestasi

Penopangnya adalah pengaruh ekonomi, status global,dan keahlian di bidang militer. Dalam satu dekade, China akan menjadi pusat pasar untuk asia timur dan tenggara, yang akan menyamai ekonomi eropa dan AS. China akan menjadi perantara dan penguasa hubungan diplomatik global, tidak hanya di Asia tapi juga di seluruh dunia. Bangkitnya keunggulan militer akan membuat China mengimbangi apa yang selama ini menjadi dominasi barat. Mereduksi kembali peta politik dan keamanan, serta mengubah apa yang dianggap hegemoni tunggal oleh satu orang menjadi permainan dua atau tiga orang pemain. China akan tetap tnggal dalam tradisi non ekspansiionistisnya, tetapi akan menggunakan kekuatan ekonominya dalam layanan jasa internasional yang lebih luas.

Keunggulan tidak akan linear. China harus mengubah bentuk sektor perbankannya, memberikan jaminan sosial, serta bereaksi terhadap tumbuhnya ketidakpuasan para pekerja pedesaanyang juga dialami negara lain.

Dampak China dapat dilihat dari bentuk penetapan harga. Di pasar China menjadi pemain paling besar dan memaksa pemain yang lebih kecil untuk keluar dari persaingan itu. Sekarang hal itu tampak dalam lini produk yang didominasi China seperti mainan. Pada saat yang sama permintaan China telah menaikkan harga tembaga, nikel, karet, bijih besi, baja, batubara minyak, dan bahkon karton.

Dampak china akan berlangsung bertahun- tahun sekalipun sudah diantisipasi sejak sekarang, karena kesemua itu butuh waktu untuk berevolusi, dan tidak begitu tampak karena banyak sekali variabel yang terlibat, dimana dampak China hanyalah satu. Salah satu contohnya adalah adalah dampak polusi dan pemanasan global. Yang lainnya adalah integrasi ekonomi Asia da China sebagai porosnya. Contoh lainnya adalah pergeseran fundamental dalam aliran imigrasi global.d dampak China tidak hanya terjadi dalam satu atau dua pukulan, melainkan dalam restrukturisasi ekonomi, bisnis, dan politik yang berlangsung secara bertingkat selama bertahun- tahun. Dan terus terjadi dalam dekade mendatang…..

anitha

Tidak ada komentar: