CLICK HERE FOR THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES »

Rabu, 14 Mei 2008

penntingnya sebuah ketahan nasional

Ketahanan Nasional adalah suatu kondisi dinamis suatu bangsa yang terdiri atas ketangguhan serta keuletan dan kemampuan untuk mengembangkan kekuatan nasional dalam menghadapi segala macam dan bentuk ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan baik yang datang dari dalam maupun luar, secara langsung maupun yang tidak langsung yang mengancam dan membahayakan integritas, identitas, kelangsungan hidup bangsa dan negara serta perjuangan dalam mewujudkan tujuan perjuangan nasional. Bentuk-bentuk ancaman tersebut menurut doktrin Hankamnas (catur dharma eka karma) adalah [1] ancaman di dalam negeri, misalnya pemeberontakan dan subversi yang berasal atau terbentuk dari masyarakat Indonesia. [2] ancaman dari luar negeri, seperti infiltrasi, subversi dan intervensi dari kekuatan kolonialisme dan imperialisme serta invasi dari darat, udara dan laut oleh musuh dari luar negeri. Konsepsi ini mengacu kepada Pancasila, UUD’45 dan wawasan kebangsaan yang dituangkan sebagai Wawasan Nusantara. Konsepsi ini mengatur bagaimana memanfaatkan segenap aspek kehidupan nasional yang terdiri dari delapan aspek kehidupan nasional atau delapan gatra (astagatra), yang terdiri dari tiga gatra (trigatra) dan lima gatra (panca gatra), dimana trigatra yang bersifat relatif stastis yaitu; geografi, kekayaan alam dan kependudukan dan pancagatra yang bersifat dinamis yaitu; ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya dan pertahanan keamanan. Ke delapan aspek ini diwujudkan dalam lima bidang ketahanan yaitu; ketahanan bidang ideologi, ketahanan bidang politik, ketahanan bidang ekonomi, ketahanan bidang sosial budaya, ketahanan bidang pertahanan dan keamanan. Kelima ketahanan bidang ini memadu menjadi suatu ketahanan yang kita sebut kondisi ketahanan nasional Indonesia yang diharapkan mencerminkan ketabahan dan keuletan kita sebagai bangsa dengan menggunakan pendekatan kesejahteraan dan keamanan ini mampu menghadapi segenap bentuk ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan, baik yang datang dari dalam maupun dari luar.
Saat ini, ancaman terhadap ketahanan nasional saat ini juga meliputi tiga kategori yang sangat krusial yakni bahaya alam seperti virus HIV/AIDS, flu burung, banjir, pemanasan global, illegal logging. Selanjutnya bahaya ekonomi seperti kemiskinan, pengangguran, krisis ekonomi, krisis energi, krisis pangan, sedangkan yang ketiga adalah bahaya social dan politik seperti konflik etnis, agama, budaya, narkoba, kejahatan terorganisir dan
perdagangan manusia. Namun ketahanan Nasional tidak hanya menjadi tanggung jawab TNI, Polri dan Pemerintah namun merupakan tanggung jawab bersama antara ketiga unsur tersebut dengan seluruh lapisan masyarakat sampai tingkat terbawah.
So Generasi Muda seperti kita Ini harus pUnya semanGat kebangsaan dan kebanggaan terhadap negeri Indonesia...
Dan bersama2 menjaga negara ini dari ancaman baik dari dalam mauupun luar negeri....

Tidak ada komentar: